Jumat, 07 Mei 2010

Inilah Tips Hemat Bensin untuk Motor

Tulisan ini sebagai sharing untuk anda khususnya para pemakai sepeda motor. Sudahkah anda mengecek berapa kilometer jarak yang bisa anda tempuh untuk setiap liter bensin? Berapa cc-kah mesin sepeda motor anda? Saya sarankan anda memperhatikan akan hal ini.

Perlu anda ingat bensin adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, artinya semakin boros anda dalam pemakaiannya, maka akan semakin habis pula cadangannya di muka bumi ini. Sebaliknya semakin hemat anda dalam pemakaiannya, maka akan semakin awet sumber daya alam ini, sehingga anak cucu kita masih misa menikmatinya.

Kalaulah setiap pengendara sepeda motor menghemat bahan bakar beberapa cc setiap hari, maka akan dibayangkan berapa banyak bahan bakar yang dapat dihemat di dunia ini.

Ok, berikut ini tips yang saya terapkan dalam pemakaian sepeda motor sehingga dapat menghemat pemakaian bensin. Mungkin cara ini sudah diketahui bahkan sudah dipraktekkan oleh sebagian pengendara sepeda motor, namun saya yakin masih banyak di antara para pengendara sepeda motor yang belum mengetahuinya.

Pertama, membuka gas dengan cara yang langsam (dibuka sedikit demi sedikit), sesuaikan dengan kecepatan. Ini perlu diperhatikan pada saat mulai menjalankan motor, atau dari posisi motor pelan (setelah pengereman), dan juga setelah ganti gigi. Jika membuka gas terlalu tiba-tiba maka antara bensin yang dikonsumsi tidak akan seimbang dengan tenaga/kecepatan yang dihasilkan, sehingga bensin menjadi boros.

Kedua, sesuaikan antara pemakaian gigi dengan kecepatan motor. Semakin pelan motor berlari, semakin rendah gigi yang anda pakai. Sebagai patokan kira-kira kalau kecepatan di bawah 20 km/jam pakailah gigi 1. Jika kecepatan 20 km/jam atau lebih gunakanlah gigi 2. Jika kecepatan mencapai 40 km/jam atau lebih gunakanlah gigi 3, sedangkan jika kecepatan di atas 60 km/jam barulah gunakan gigi 4, dst.

Ketiga, sedapat mungkin hindari pengereman yang mendadak. Karena pengereman pada hakekatnya membuang energi yang sudah diubah menjadi gerak motor. Jadi usahakan kita sudah memperlambat laju motor dari jarak beberapa puluh meter dari titik kita akan berhenti (kecepatan motor terendah). Misalnya bila kita akan melewati persimpangan yang macet sebaiknya anda sudah memperlambat motor anda beberapa puluh meter dari titik kemacetan.

Keempat, rajin-rajinlah memberi pelumas pada rantai roda. Dan bila rantai sudah kelihatan kotor sekali sebaiknya dibersihkan, kemudian diberi pelumas rantai.

Kelima, pastikan ban sepeda motor anda tidak terlalu lembek. Pastikan tekanan angin pada ban anda sesuai dengan standar yang direkomendasikan. Dengan tekanan angin pada ban yang sesuai standar maka tarikan akan menjadi enteng dan bensin jadi lebih irit.

Sabagai gambaran, dengan tips-tips di atas saya memakai motor dengan cylinder mesin 125 cc maka setiap 1 liter bensin dapat menempuh jarak lebih dari 50 km. Sementara sebelum menerapkan tips-tips di atas setiap konsumsi 1 liter bensin hanya bisa menempuh jarak 45 km atau kurang.

Bgaimana menurut pendapat anda? Sudahkah anda berusaha untuk menghemat bensin? Ingat bensin merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Anak cucu kita juga berhak untuk bisa memakai bensin untuk keperluan mereka!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar