Senin, 31 Mei 2010

Tips agar Mesin Sepeda Motor Anda Awet (1)

Sering sekali terjadi di antara anda yang memiliki sepeda motor yang umurnya baru beberapa tahun tetapi ternyata sudah tidak terasa enak dikendarainya. Apa kira-kira yang salah dengan motor anda? Apakah memang kualitas motornya yang jelek? Saya rasa tidak.

Bila terjadi demikian alangkah baiknya anda untuk mawas diri dalam arti anda ingat-ingat apa saja perlakuan yang telah anda lakukan terhadap sepeda motor anda. Mungkin anda selama ini memperlakukannya dengan cara-cara yang kurang baik.

Jika anda ingin agar mesin sepeda motor anda bisa awet, intinya adalah terletak pada bagaimana anda memperlakukannya pada saat anda berkendara (kebiasaan dalam mengendarai motor) dan bagaimana anda merawatnya.

Berikut ini adalah beberapa tips-tipsnya:

1. Rajin-rajinlah mengganti oli mesin motor anda. Gantilah oli mesin setiap 2 bulan atau 2000 km. Pakailah jenis oli yang direkomendasikan oleh perusahaan pembuat motor anda. Biasanya dari perusahaan pembuat sepeda motor merekomendasikan penggantian oli setiap 2 bulan atau 2000 km, tergantung mana yang tercapai duluan dan dengan oli jenis tertentu yang sesuai dengan sepeda motor yang diproduksinya.

2. Rajin-rajinlah melakukan perawatan berkala. Perawatan berkala ini biasanya dilakukan setiap 4 bulan sekali atau 4000 km. Sebaiknya lakukan perawatan ini di bengkel resmi. Namun jika anda tahu bengkel yang cukup bagus di dalam melakukan perawatan, tidak ada salahnya motor anda diservice di sana. Dan jika sebelum 4 bulan atau 4000 km ternyata motor anda kurang enak sebaiknya jangan segan-segan periksakan motor anda ke bengkel.

3. Jaga rantai motor anda agar tetap bersih dan tidak kering. Lakukan pelumasan rantai motor anda jika terlihat mulai kering dengan pelumas khusus rantai. Dan bersihkan dari kotoran yang menempel jika terlihat sudah sangat kotor. Dengan rantai motor yang bersih dan basah oleh pelumas maka tarikan akan menjadi enteng dan kerja mesin menjadi tidak terlalu berat, dan juga membuat si rantai sendiri menjadi lebih awet.

4. Pastikan tekanan angin di ban motor anda sesuai standar yang direkomendasikan. Perusahaan pembuat sepeda motor anda biasanya memberiakan rekomendasi berapa sebaiknya tekanan angin pada ban sepeda motor anda. Kalau ban terlalu lembek maka tarikan akan menjadi lebih berat, sehingga mesin akan bekerja lebih berat.

Ok, masih ada tips-tips selanjutnya akan saya tulis di postingan berikutnya. Bagaimana buat anda para pemakai sepeda motor, apakah telah melakukan hal-hal di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar