Sabtu, 22 Mei 2010

Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa kebanyakan orang jaman sekarang sangat kurang kegiatan fisik/gerak fisik. Akan tetapi asupan makanan yang mengandung karbohidrat maupun gula sering berlebih. Akibatnya tidak terjadi keseimbangan antara zat makanan yang dimasukkan ke tubuh dengan zat makanan yang dikeluarkan untuk keperluan aktifitas sehari-hari.

Akibat dari hal di atas tentu akan terjadi penimbunan zat-zat makanan di dalam tubuh, dan yang paling sering/banyak tertimbun adalah dalam bentuk lemak. Sehingga terjadilah berat badan yang berlebihan/kegemukan. Dan dari kegemukan ini biasanya menjadi rentan untuk menimbulkan berbagai penyakit di antaranya darah tinggi dan diabetes.

Seperti yang saya alami, dengan tinggi badan sekitar 159 cm namun memiliki berat badan sekitar 72 kg. Ini jelas sekali kondisi badan yang kegemukan. Akibatnya saya menderita tekanan darah tinggi. Namun penurunan berat badan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Kini saya mencoba melakukan penurunan berat badan dan sekaligus untuk pengobatan tekanan darah tinggi, serta untuk menurunkan resiko terjadinya diabetes dengan suatu cara yang gratis, yaitu dengan berpuasa. Dengan puasa saya berharap bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus, diantaranya:

1. Sebagai sarana untuk diet, karena dengan waktu makan dan minum yang lebih terbatas tentu akan mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh (asalkan pada saat-saat malam hari jangan makan yang berlebihan)

2. Untuk menurunkan berat badan, karena dengan asupan makanan yang berkurang maka tubuh akan dipaksa memanfaatkan cadangan makanan yang berlebih yang tertimbun di dalam tubuh, seperti lemak dan gula darah yang tertimbun, sehingga lemak tubuh menjadi berkurang

3. Untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya tekanan darah tinggi, mengurangi resiko diabetes, dan beberapa penyakit pencernaan karena selama puasa maka alat-alat pencernaan akan beristirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam

4. Untuk melatih pengendalian diri, karena salah satu hal penting yang dilakukan saat puasa adalah mengendalikan hawa nafsu

Namun untuk melakukan puasa tersebut harus betul-betul kita landasi dengan niat yang kuat, maka insya allah kita akan enjoy saat melakukannya dan diberi kekuatan olehNya. Namun seandainya tidak sedang berpuasa maka saya berlaku seperti orang puasa dengan cara mengurangi waktu makan di siang hari, sehingga ada kesempatan alat pencernaan untuk beristirahat dan tubuh dipaksa untuk memanfaatkan cadangan zat makanan yang tertimbun.

Namun saya yakin masih ada manfaat-manfaat lain dari puasa selain dari yang saya tulis di atas. Bagaimana, untuk anda yang mengalami kegemukan seperti saya ingin berpuasa juga???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar